Trust Flow adalah sebuah metrik yang didesain untuk memutuskan seberapa terpercayakah sebuah link / halaman. Metrik ini didasarkan pada kualitas backlink yang mengarah pada website tersebut. Jika mendapat sebuah backlink dari website yang memiliki authority dan Trust Flow yang tinggi, maka Trust Flow dari website kita juga akan meningkat.

Pada awalnya, tujuan dari publikasi suatu konten pada halaman internet adalah untuk berbagi pengetahuan. Saat ini, selain sebagai berbagi pengetahuan, publikasi konten juga berfungsi sebagai sarana untuk pemasaran. Konten yang sudah dirancang, ditaruh pada halaman website agar dapat menarik perhatian dari pengguna internet. Hal tersebut, selain memiliki dampak positif baik bagi publikator, juga membantu memberikan pengetahuan tambahan bagi pembaca. Namun, terdapat dampak negatif yang bisa ditimbulkan, di antaranya adalah jika pembuat konten membuat konten yang tidak mengandung informasi namun dengan judul yang termasuk dalam kategori clickbait. Karena itu, muncullah yang namanya trust flow.

Dengan trust flow, pengguna internet dapat mengetahui bahwa suatu website merupakan suatu tempat berisi informasi dan pengetahuan, bukan hanya sarana spam untuk mereka yang memanfaatkan situasi saja.

Trust flow dikenal sebagai suatu metrik untuk menghitung tingkat kepercayaan terhadap website. Metrik tersebut bekerja dengan menganalisa satu per satu pengunjung yang datang ke website. Di samping itu, analisa juga dilakukan dengan memperhatikan situs lain yang terhubung dengan website yang diperhatikan. Pengukuran berjarak antara 1-100, dengan angka 1 berarti yang terburuk, dan 100 adalah website yang sangat bisa diandalkan dan dipercaya.

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan melalui sistem trust flow. Dengan sistem ini, konsumer dapat menentukan website mana yang dapat dipilih. Ada banyak website yang mengandung spam, dan bahkan virus yang mampu merusak komputer jika diakses sembarangan. Website dengan tipe seperti itu tentunya akan memiliki nilai trust flow yang buruk, dan akan dihindari oleh pengguna internet. Selain itu, dengan adanya trust flow, kompetisi di antara pengembang internet muncul untuk saling bersaing menghasilkan konten yang lebih baik bagi pengguna internet.

Memiliki nilai trust flow 100 bukan tidak mungkin. Memiliki skor 100 berarti website tersebut memiliki nilai kepercayaan yang sangat baik dan pengunjung yang puas dengan website yang mereka buka. Kebanyakan dari website yang memiliki nilai tinggi adalah website yang telah ada sejak lama dan mampu mempertahankan performa mereka dengan sangat baik. Untuk website yang baru, terkadang agak sulit untuk meningkatkan nilai trust flow, walaupun telah membuat konten yang menarik. Hal ini dapat diatasi dengan mengembangkan relasi ke website yang telah memiliki nilai trust flow tinggi untuk menaruh link website Anda di website mereka. Dengan konten yang baik dan link dari luar, nilai trust flow dapat menjadi semakin tinggi nantinya.

Bagikan Artikel ini: