Google baru-baru ini mengumumkan peluncuran salah satu algoritma terbaru mereka yang akan memengaruhi bisnis lokal dan bagaimana algoritma tersebut muncul dalam hasil penelusuran.

Dinamakan BERT, yaitu Bidirectional Encoder Representations from Transformers, pembaruan algoritma terbaru ini adalah bentuk AI yang memungkinkan Google untuk lebih memahami hubungan antara elemen bahasa dan istilah pencarian.

Pastinya, pembaruan ini akan memungkinkan Google menjadi lebih tepat dan akurat dalam mesin pencariannya.

“Untuk meluncurkan peningkatan ini, kami (Google) melakukan banyak pengujian untuk memastikan bahwa perubahan sebenarnya lebih bermanfaat. Berikut adalah beberapa contoh yang menunjukkan proses evaluasi kami yang menunjukkan kemampuan BERT untuk memahami maksud di balik penelusuran Anda.

Berikut penelusuran untuk “2019 brazil traveler to usa need a visa.” Kata “to” dan hubungannya dengan kata lain dalam kueri sangat penting untuk memahami artinya. Ini tentang orang Brasil yang bepergian ke AS, dan bukan sebaliknya. Sebelumnya, algoritma kami tidak memahami pentingnya hubungan ini, dan kami menampilkan hasil tentang warga AS yang bepergian ke Brasil. Dengan BERT, Penelusuran dapat memahami nuansa ini dan mengetahui bahwa kata yang sangat umum “to” sebenarnya sangat penting di sini, dan kami dapat memberikan hasil yang jauh lebih relevan untuk kueri ini.”

Konsep dan konteks adalah inti dari BERT, dan ini merupakan tanda yang menggembirakan bahwa Google telah mengambil langkah-langkah untuk lebih memahami rata-rata, mungkin penelusur web yang kurang paham. Namun, untuk dunia SEO, ini adalah tanda bahwa Google sedang mengembangkan keterampilan dan kepercayaan diri untuk pada akhirnya mengembalikan satu hasil yang sempurna sebagai tanggapan atas istilah penelusuran khusus yang kompleks.

 

Bagaimana BERT Mempengaruhi Bisnis Lokal dan Hasil Pencarian Lokal?

Seperti kebanyakan pembaruan algoritma Google, peluncuran awal sering kali lambat dan tidak berdampak luas pada bisnis. Meskipun Google menyebutkan bahwa pembaruan akan memengaruhi 1 dari 10 penelusuran, hampir dapat dipastikan bahwa hal itu akan berdampak pada hasil lokal mengingat semakin banyak kueri penelusuran terjadi di tingkat lokal.

Anda dapat mengharapkan beberapa fluktuasi dalam peringkat pencarian Anda, jadi bersiaplah. Meskipun hasilnya tidak permanen sampai peluncuran selesai, penting untuk mempersiapkan diri Anda jika Anda melacak peringkat penelusuran lokal Anda dengan sangat cermat.

 

Langkah-Langkah Mengoptimalkan BERT

Meskipun BERT terdengar sangat rumit dan canggih, namun jangan kuatir, ada beberapa langkah strategis yang bisa dilakukan oleh para digital marketing untuk bersinergi dengan algoritma tersebut.

Algoritma BERT ingin menjadikan Google seperti teman maya yang humanis. Maka berangkat dari misi tersebut, setiap pengelola website harus menyediakan konten-konten yang lebih humanis dan lebih berkualitas dari sebelumnya.

Lebih lanjut, berikut beberapa strategi yang bisa Anda terapkan untuk mengoptimalkan BERT

  • Kualitas konten yang berorientasi pada pengguna

Alih-alih berfokus pada konten untuk “menarik perhatian” mesin pencari, kali ini buatlah konten dengan fokus untuk menarik perhatian pembaca/pengguna. Gunakan konten dengan gambar dan bahasa yang lebih humanis dan beradaptasilah dengan pemahaman bahasa manusia.

  • Menerapkan E-A-T dan Y-M-Y-L

E-A-T merupakan singkatan dari Expertise, Authoritativeness, Trustworthiness yang diperkenalkan oleh Google bersamaan dengan istilah Y-M-Y-L atau Your Money Your Life.

Ini adalah sebuah terobosan yang dilakukan oleh Google untuk mencegah terjadinya penipuan di dunia siber yang semakin marak terjadi. Karena itu, setiap konten yang disajikan oleh sebuah situs harus bersumber dari orang-orang yang terpercaya (Trustworthiness), berkompetensi (Expertise) dan memiliki otoritas (Authoritativeness) pada topik yang sedang dibahas.

  • Mobile SEO

Perubahan perilaku netizen yang belakangan ini semakin banyak mengakses internet melalui ponsel pintar harus menjadi perhatian penting oleh para website developer. Dalam penerapannya, BERT akan mengutamakan perambanan pada situs-situs yang mobile friendly.

  • Mengoptimalkan UX dan Technical SEO

UX atau User Experience ke depannya akan menjadi aspek yang makin diperhitungkan. Pastikan pengguna merasakan pengalaman yang menyenangkan ketika mengakses website Anda. Mulai dari responsifitasnya, tampilan gambar dan suara, hingga penggunaan bahasa yang menarik dan mudah dipahami. Untuk mendukung hal tersebut, dibutuhkan technical SEO yang baik terutama terkait kecepatan situs saat diakses oleh pengguna.

  • Optimasi Entitas dan Knowledge Panel

Selain mengoptimasi konten, pastikan untuk mengoptimasi entitas website agar pengunjung dapat memperoleh informasi penting terhadap layanan yang disajikan dalam website. Meliputi nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat yang disertai dengan peta digital yang jelas, jasa pengiriman, dan sebagainya. Pastikan entitas data Anda terhubung dengan baik agar Google memuatnya dalam knowledge panel di laman pesin pencari.

 

Kesimpulan

Pada akhirnya, seperti kebanyakan pembaruan algoritma Google, BERT kemungkinan akan memengaruhi mereka yang cenderung bertentangan dengan pedoman Google Webmaster dan terlalu banyak memasukkan kata kunci dalam konten mereka untuk mesin pencari dan yang mengoptimalkan halaman mereka untuk pengguna.

Bagikan Artikel ini: