Search engine optimization (SEO) memberikan cara terbaik bagi Anda untuk membangun situs web yang kuat dan ramah, yang berperingkat lebih tinggi dalam hasil mesin pencarian google. Ini akan menguntungkan bisnis Anda dengan meningkatkan traffic web, meningkatkan kualitas merek, dan menghasilkan pendapatan tambahan. Anda juga akan dapat membangun kredibilitas karena pengguna cenderung mempercayai situs web yang muncul di dekat bagian atas halaman hasil mesin pencari (SERP). Selain itu, SEO akan menghasilkan informasi berharga mengenai traffic ke situs Anda, termasuk demografi pengunjung, metodologi pencarian, istilah spesifik yang dicari dan perangkat yang digunakan.

Kekuatan Penelusuran Organik

Pada waktu tertentu, jutaan pengguna melakukan pencarian di internet dan mengklik link yang menjanjikan untuk menyediakan produk dan informasi yang mereka cari. Misalnya, bisnis yang perlu menemukan agensi SEO top di Indonesia mungkin melakukan penelusuran untuk “agensi SEO Indonesia”. Sayangnya, banyak pemilik bisnis yang mengabaikan keunggulan SEO dan hanya mengandalkan media sosial dan iklan berbayar. Mereka yang mengambil pendekatan seperti itu kehilangan kekuatan penelusuran organik yang dapat menghasilkan pendapatan yang signifikan dengan biaya yang sangat rendah dari iklan berbayar. Namun, SEO yang sukses membutuhkan komitmen jangka panjang, yang membuatnya penting untuk menemukan perusahaan SEO terbaik.

Agensi SEO Terbaik di Indonesia

Saat mencari agensi SEO di Indonesia, atau di mana pun di dunia dalam hal ini, penting untuk dipahami bahwa perusahaan yang Anda pilih dapat secara signifikan mempengaruhi jumlah lalu lintas organik yang diterima situs web Anda serta keuangan masa depan Anda. Meskipun perusahaan yang tepat dapat membantu Anda mencapai peningkatan lalu lintas organik yang signifikan, pilihan yang salah akan menghasilkan peringkat mesin pencari yang lebih rendah, yang bisa sangat sulit untuk dipulihkan. Sebelum Anda membuat pilihan akhir di perusahaan SEO, berikut beberapa hal tambahan yang harus Anda ketahui tentang SEO:

1. SEO Bukan Magic

Tidak ada yang ajaib tentang SEO. Ini membutuhkan pengetahuan mendalam tentang peringkat mesin pencari. Perusahaan SEO yang mengklaim memiliki wawasan khusus tentang algoritma yang digunakan oleh Google untuk menentukan peringkat situs web kemungkinan besar berbohong. Bahkan ketika keuntungan jangka pendek telah dicapai dengan menerapkan “trik SEO”, keuntungan tersebut dapat dihapus dalam semalam oleh pembaruan algoritma Google terbaru. Alih-alih berpura-pura bahwa peringkat mesin pencari adalah misteri yang telah terungkap hanya kepada beberapa orang terpilih, perusahaan SEO yang baik akan mengandalkan pengalaman dan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana fungsi mesin pencari untuk menerapkan SEO dengan cara yang paling efektif.

2. Perusahaan SEO yang Harus Dihindari

Saat memilih perusahaan SEO, yang terbaik adalah menghindari perusahaan yang menjamin posisi teratas dan perusahaan yang menggunakan teknik black hat karena metode tersebut tidak etis. Teknik black hat termasuk membeli tautan, mengisi konten dengan terlalu banyak kata kunci, dan membuat tautan situs web yang tidak relevan dari situs web porno atau perjudian. Jika Google memutuskan bahwa Anda menggunakan teknik black hat, mereka akan menurunkan situs Anda, dan akan sulit bagi Anda untuk memulihkan peringkat sebelumnya. Juga tidak cukup bahwa perusahaan berjanji untuk meningkatkan lalu lintas organik Anda. Lagipula, ada berbagai jenis lalu lintas organik, dan tidak semuanya akan meningkatkan pendapatan Anda.

3. Temukan Perusahaan SEO dengan Metrik yang Bekerja untuk Anda

Setelah Anda memiliki daftar singkat perusahaan SEO yang sedang Anda pertimbangkan, sekarang saatnya untuk memastikan bahwa Anda dan pilihan utama Anda berada di halaman yang sama dalam hal metrik. Meskipun peringkat kata kunci itu penting, ini bukanlah ukuran akhir dari efektivitas SEO. Anda ingin dapat melacak Key Performance Indicators (KPI) yang memberi Anda wawasan tentang berbagai fase bisnis Anda. Untuk mencegah kebingungan, Anda juga ingin menghindari pelacakan KPI yang salah. Berikut beberapa KPI yang harus Anda lacak:

Persentase pengunjung situs web yang dihasilkan dari penelusuran organik

1. Jumlah tampilan halaman per kunjungan

2. Durasi rata-rata per kunjungan

3. Jumlah pengunjung unik

4. Tingkat bouncing

5. Tingkat konversi

6. Peringkat kata kunci

7. Tingkat keberhasilan pengindeksan Google

8. Waktu load halaman

4. Pilih Perusahaan SEO dengan Keterampilan Komunikasi yang Baik

Meskipun Anda harus memiliki akses ke semua data perusahaan SEO, Anda ragu bahwa Anda memiliki waktu untuk menyaring data dan melakukan analisis Anda sendiri. Itulah mengapa sangat penting untuk menyewa perusahaan SEO dengan keterampilan komunikasi yang baik. Perusahaan SEO harus dapat menjelaskan metodologi, strategi, dan hasil yang diharapkan dengan jelas. Mereka juga harus meluangkan waktu untuk mendengarkan Anda sehingga mereka memahami apa yang ingin Anda capai. Karena itu, penting bagi Anda untuk menyewa perusahaan SEO yang dapat Anda percayai sehingga Anda dapat membina hubungan kerja yang baik selama bertahun-tahun yang akan datang.

Bagikan Artikel ini: