Memang ada banyak cara untuk meningkatkan Domain Authority, namun kali ini kami akan membagikan 6 cara yang paling penting dan mendasar untuk meningkatkan poin DA Anda. Cara-cara tersebut akan kami paparkan dengan urut, sederhana dan jelas agar Anda bisa lebih mudah dalam memahami cara-caranya dan dapat segera pula mempraktekkannya.

1. Membuat Konten Berkualitas

Untuk membuat konten yang berkualitas, tentunya Anda perlu riset mendalam dan menyeluruh akan bidang yang ingin Anda bahas atau geluti lewat website atau blog Anda. Selain itu, cobalah untuk lebih kreatif. Anda perlu mengasah diri Anda untuk berpikir di luar kebiasaan jika diperlukan agar konten Anda unik dan tentunya menjadi lebih menarik untuk dibaca terus oleh para pengunjung. Anda juga bisa menambahkan suatu detil informasi yang tidak didapati oleh situs lainnya mengenai suatu topik yang ingin Anda bahas untuk membuat konten Anda lebih unggul dari posting-posting dari website lain.

Selain itu, konten yang berkualitas juga memuat berbagai jenis multimedia. Anda bisa menampilkan gambar pendukung maupun video untuk membantu pembaca Anda lebih memahami dan memvisualisasikan topik yang sedang dibahas.

Mengenai segmentasi pasar, ini juga menjadi penting apabila tujuan utama Anda adalah kesuksesan secara finansial. Memang hal ini masih menjadi perdebatan di kalangan blogger hingga kini. Namun, bila Anda cenderung pragmatis dibanding idealis, sah-sah saja untuk membuat konten berdasar kebutuhan dan kesukaan pasar semata. Hal ini memang telah banyak diterapkan situs-situs media atau berita terutama di Indonesia. Terkadang mereka mengesampingkan kelengkapan penjelasan di artikel mereka mengenai suatu topik dan hanya memuat banyak gambar yang menarik. Selain itu, ada pula yang mengajukan judul yang sensasional demi mendobrak rating posting mereka.

Jika Anda bingung hendak membahas topik apa di website Anda, jangan khawatir. Pada artikel sebelumnya, kami telah membahas berbagai topik populer yang sedang tren atau berpotensi viral. Anda dapat membacanya untuk mencari inspirasi topik posting Anda.

2. Berstrategi Lewat Media Sosial

Tak dapat dipungkiri, media sosial dapat menjadi penolong utama Anda dalam meningkatkan Domain Authority situs Anda. Manfaatkanlah seluruh media sosial utama Anda untuk memuat alamat situs Anda di profil atau membagikan artikel atau laman dari situs Anda. Hal ini menjadi mudah karena rata-rata pengguna internet banyak berinteraksi dengan teman-teman mereka di media sosialnya, di mana mereka akan lebih mudah menerima apa yang Anda bagikan karena mereka telah mengenal Anda dan ingin berinteraksi dengan Anda hampir setiap saat.

Bagi para pebisnis, untuk melakukan posting yang juga berupa kampanye produk, Anda bisa menentukan jam tertentu yang relevan dengan posting Anda. Misalnya, Anda ingin membagikan sebuah artikel mengenai produk makanan. Akan lebih tepat atau efektif tentunya jika Anda membagikannya pada saat menjelang jam makan di siang hari atau makan di malam hari.

3. Mengelola Link

Pertama, Anda perlu membuang Toxic Link atau yang lebih Anda kenal sebagai link berindikasi spam yang tentunya berdampak buruk bagi website atau blog Anda.

Kedua, bayangkan situs Anda sebagai suatu rumah maka Internal Link atau link-link yang saling berkaitan di dalamnya adalah anggota rumah yang perlu dijalin hubungannya demi kuatnya Domain Authority Anda. Jadi, cobalah sesering mungkin memasukkan link halaman lain dari situs Anda ke halaman yang sedang Anda buat sekarang. Contohnya, pada artikel terbaru Anda, kaitkan kontennya dengan topik di artikel terdahulu dan buat hyperlink-nya sehingga pembaca yang mengklik kata tersebut akan diarahkan ke tautan yang berisi halaman website Anda lainnya. Cara ini juga dapat meningkatkan page rank Anda di halaman hasil pencarian.

4. Melakukan Branding

Mengapa hal ini menjadi penting? Karena para pengunjung tentunya akan mengaitkan situs Anda dan citra yang Anda bangun untuk menimbang kredibilitas Anda, seberapa terpercayanya Anda atau brand Anda bagi mereka. Hal tersebut tentunya dapat memengaruhi poin Domain Authority Anda. Strategi Branding yang tepat dapat menolong Anda memperluas target pasar dan hal ini tentunya dapat meningkatkan jumlah rate and share Anda.

Ada banyak strategi branding yang dapat Anda lakukan baik secara online maupun offline . Seperti yang telah disebutkan di poin sebelumnya soal media sosial, DVCom menyediakan layanan Sosial Media Maintenance yang dapat mempengaruhi Brand Anda.

DVCom memberikan pelajaran yang bermanfaat bagi para customer kami untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian di bidang Digital Marketing dengan memberikan pelayanan service yang baik.

5. Membangun Relasi

Membangun serta mempertahankan relasi yang baik dengan perusahaan atau pengelola situs lainnya menjadi hal yang teramat penting. Orang-orang yang memiliki hubungan baik dengan Anda tentu akan lebih mudah membagikan atau mempromosikan situs Anda dibandingkan dengan mereka yang bahkan tak mengenal Anda. Jadi, ini juga menjadi faktor apakah pengguna atau pengelola situs lain akan memuat link Anda di dalam situs atau laman mereka.

Cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk membangun dan mempertahankan relasi ini adalah dengan terlebih dahulu membagikan konten atau mempromosikan situs mereka yang dapat dikategorikan sebagai influencer . Kemudian pujilah secara tulus konten atau mereka pribadi apabila mereka menghasilkan suatu karya atau produk yang keren bagi Anda. Anda dapat juga menolong mereka untuk meningkatkan kualitas mereka dengan memberi beberapa masukan berguna. Bagaimanapun juga, berbagi ilmu tak ada ruginya. Tak perlu khawatir soal kompetisi karena justru kerjasama yang Anda lakukan ini bisa menjadi keuntungan bagi bisnis Anda.

6. Tingkatkan On Page SEO

Ada banyak cara untuk meningkatkan On Page SEO Anda. Beberapa di antaranya telah banyak dibahas dalam berbagai artikel maupun para pakar SEO. Berikut kami akan memberikan poin-poin singkat yang merangkum berbagai cara jitu yang bisa Anda lakukan demi meningkatkan On Page SEO Anda:

1. Buatlah URL Anda singkat. Pada tiap posting di blog Anda, misalnya, coba persingkat URL-nya agar tidak sepanjang judul konten Anda aslinya.

2. Kaitkan Keyword Anda pada URL. Misalkan, Anda membuat sebuah artikel berjudul “Cara Menghasilkan Uang dari Media Sosial Facebook”. Maka URL Anda juga harus mencantumkan keyword penting yang kemungkinan besar dicari internet user seperti yang telah ada di judul itu yaitu kata “menghasilkan uang” dan “Facebook”.

3. Gunakan LSI Keyword. LSI keyword adalah keyword yang saling terkait, sebuah istilah dalam SEO untu satu keyword yang relevan dengan berbagai keyword lainnya. Jadi, coba muat beberapa keyword atau kata kunci terkait sekaligus dalam satu posting Anda.

4. Buatlah Konten yang Panjang. Banyak pakar mengatakan jumlah kata yang bagus untuk SEO pada sebuah posting adalah sebanyak 1600-2000 kata.

5. Gunakan Heading Tag. Bagi Anda para blogger, istilah ini pasti sudah tak asing lagi. Caranya gampang, tinggal ubah status “pharagraph” pada kata atau kalimat tertentu yang ingin dijadikan heading tag dan ubah ke statu “Heading1”, “Heading2″dan seterusnya sesuai urutan.

6. Optimalkan Title Tag Anda untuk Click-Through Rate. Anda bisa membuat judul Anda optimal untuk mesin penelusur, misal Anda menyesuaikan kata-katanya seperti kata-kata kunci yang banyak dicari oleh internet user terkait topik Anda.

7. Gunakan External Link. External link yang dimaksud adalah tautan yang menuju pada website lain selain halaman di website Anda. Saran kami, buat tautan ke website yang domain authority-nya bagus atau berkualitas website-nya agar dapat menunjang poin DA Anda.

8. Gunakan Internal Link. Internal link yang dimaksud adalah tautan yang menuju ke website Anda sendiri, misalnya ke halaman atau posting lainnya pada website Anda. Biasanya 2-3 internal link pada satu posting Anda saja sudah cukup sebagai suatu usaha meningkatkan domain authority Anda.

9. Maksimalkan Kecepatan Loading Laman Anda. Untuk memaksimalkannya ada banyak faktor yang bisa dikelola. Misal, tidak memasukkan gambar beresolusi sangat besar pada halaman website Anda. Hal lainnya misal pada smartphone, bila theme dari website Anda belum mobile-friendly biasanya butuh waktu lebih banyak untuk loading di layar hp. Sementara itu, faktor utamanya memang dari layanan web hosting yang ada. Jasa layanan web hosting yang bagus dan tersertifikasi sudah pasti sanggup meningkatkan kecepatan loading page dari website Anda.

10. Pakai Aneka Konten Multimedia. Anda dapat memasukkan berbagai jenis grafik, gambar maupun video sebagai pendukung konten artikel maupun blog Anda. Hal ini juga dapat mengindikasikan komprehensifnya suatu posting bagi mesin penelusur. Selain itu, pembaca Anda juga jadi lebih betah membaca tulisan Anda sampai habis karena aspek-aspek visual yang menarik mata itu.

Kesimpulan

Kesuksesan dari pemberlakuan keenam cara yang telah kami sampaikan di atas sesungguhnya sangat bergantung pada konsistensi dan kesabaran Anda sebagai pengguna dalam mengelola situs atau blog Anda. Memang tak ada cara yang benar-benar cepat dalam meningkatkan poin Domain Authority Anda, namun keenam cara di atas telah kami jabarkan dengan urut, sederhana dan jelas agar Anda bisa memulainya dari sekarang. Percayalah bahwa proses meningkatkan domain authority ini memang penting untuk dilakukan dengan telaten karena SEO tak dapat membuahkan hasil dalam sekejap . Selamat berusaha!

Bagikan Artikel ini: