Anda mungkin telah sering mendengar istilah Domain Authority dan menemukan ada banyak artikel yang membahas soal cara-cara meningkatkan domain authority demi menjadikan website Anda berperingkat atas di Google. Apa sebenarnya definisi domain authority itu sendiri dan mengapa domain authority itu bisa memengaruhi rank dari website Anda di halaman hasil pencarian? Selain itu, bagaimana sebenarnya mengukur sebuah domain authority? Kami akan memberikan sebuah panduan lengkap berupa informasi-informasi jelas yang bisa Anda baca untuk mengetahui jawabannya.

Definisi Domain Authority

Domain Authority (DA) merupakan suatu acuan bagi mesin pencari dalam memberikan peringkat terhadap suatu situs web atau blog Anda. Mesin pencari semacam Google biasanya memberi peringkat bagi suatu situs berdasarkan tiga hal. Berikut adalah pemaparan ketiga hal tersebut:

1. Usia Domain, Semakin lama keberadaan domain itu ada dan semakin aktif kegiatan yang terjadi pada suatu domain, maka semakin tinggi pula nilai DA dari domain itu. Sebab, ini menunjukkan konsistensi dari pengguna untuk mengelola domainnya. Google akan menganggap website atau domain tersebut layak dinilai tinggi dan penilaian ini juga bisa memengaruhi peringkatnya di halaman hasil pencarian.

2. Popularitas Domain, Populernya situs Anda dapat dilihat dari jumlah link yang masuk melalui situs-situs berkualitas. Hal itu dapat disebut sebagai Inbound Link, yang berarti pemberian rekomendasi terhadap situs Anda ( backlink ). Inbound Link ini dapat juga dilakukan dengan cara ikut berkomentar pada situs atau blog lain ( blogwalking ), atau Anda dapat aktif mempromosikan domain Anda dalam suatu forum terkait. Hal-hal yang telah disebutkan ini adalah cara jitu agar Anda dapat mendongkrak banyaknya pengunjung website hasil dari menguatnya domain Anda di SERP (Search Engine Result Page, yaitu halaman hasil penelusuran kata kunci di mesin pencari).

3. Ukuran Domain, Ukuran yang dimaksud yaitu dilihat dari banyaknya jumlah konten yang Anda publikasikan di website Anda. Semakin banyak jumlah konten atau posting-nya maka semakin besar pula ukuran domain Anda. Inilah mengapa para blogger rutin membuat konten setiap harinya. Namun, banyaknya konten saja tak cukup sebab mesin penelusur semacam Google juga dapat menilai seberapa berkualitas konten itu. Mengenai konten yang berkualitas, kami akan membahasnya lebih lanjut di bagian berikutnya.

Dari ketiga hal tersebut, mesin pencari dapat menentukan Peringkat Domain Authority dari suatu website. Domain authority ini merupakan satu dari sekian banyak faktor lainnya yang menjadi ukuran tingkat kepercayaan mesin pencari kepada suatu situs.

Perbedaan Domain Authority dan Page Authority

Anda mungkin pernah mendengar juga istilah page authority. Lalu apa sebenarnya perbedaan di antara domain authority dan page authority tersebut? Apakah keduanya sama saja? Jadi, keduanya sama-sama merupakan barometer baik bagi suatu website maupun halaman website yang berkualitas bagi mesin pencari. Bayangkan saja Domain Authority adalah penilaian akan suatu properti rumah secara keseluruhan, sementara Page Authority (PA) ini adalah penilaian terhadap salah satu ruang kamarnya saja. Untuk mengoptimalkan kinerja SEO, memang DA dan PA mestinya berjalan beriringan, keduanya perlu Anda tingkatkan sebagai pengelola website.

Cara Menguji Domain Authority

Telah tersedia berbagai alamat situs yang dapat langsung Anda gunakan untuk cek poin DA dari situs Anda. Hasilnya akan berupa kumpulan data yang bisa Anda analisis untuk menilai seberapa kuat domain authority Anda. Berikut adalah beberapa alamat situsnya:

http://moz.com/researchtools/ose

http://moonsy.com/domain_authority

http://smallseotools.com/domain-authority-checker

Poin Domain Authority biasanya ditetapkan pada hitungan 0 – 100. Semakin tinggi nilai DA, maka akan semakin dinyatakan berkualitas sebuah website tersebut oleh mesin pencari semacam Google. Ada beberapa situs besar yang sudah pasti memengaruhi nilai DA dari laman Anda, contohnya CMS platform WordPress. Jika Anda memakai WordPress, maka Domain Authority memiliki poin yang tinggi (rata-rata 90) karena menggunakan subdomain yang memang telah populer.

Berikut kami berikan langkah-langkah pengujian DA di http://moz.com/researchtools/ose

  1. Masukkan alamat situs Anda pada kolom URL yang ada
  2. Klik tombol “Search” berwarna biru di samping kolom pengisian URL
  3. Lihat hasilnya, akan terdapat hasil seperti pada gambar di bawah ini!
Bagikan Artikel ini: