Search optimization adalah strategi pemasaran yang penting untuk merek yang ingin menjadi menarik perhatian banyak orang, mengarahkan lalu lintas situs web, dan mengembangkan bisnis mereka. Namun pengoptimalan penelusuran bisa menjadi strategi yang sulit untuk dikelola jika Anda tidak tau cara membandingkan SEM vs. SEO.

SEM: Search Engine Marketing

SEO: Search Engine Optimization

keduanya adalah pendekatan yang sangat berbeda untuk pengoptimalan penelusuran. Jika Anda menggunakan istilah SEM dan SEO secara bergantian dan tidak mengetahui perbedaan di antara keduanya, Anda tidak akan dapat mengkomunikasikan strategi yang jelas dan efektif untuk meningkatkan visibilitas Anda dalam penelusuran.

Apa itu Search Marketing?

Sebelum Anda dapat membuat strategi search optimization, Anda perlu memahami terminologi untuk jenis pemasaran ini. Jadi mari kita mulai.

Search marketing berkaitan dengan taktik apa pun yang membantu merek mendapatkan perhatian dengan muncul di halaman hasil mesin pencari. Ini mencakup upaya untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dan meningkatkan visibilitas pencarian sehingga Anda dapat mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke situs web atau halaman web tertentu

Ada dua kategori utama dalam search marketing:

SEM, yang menggunakan strategi BERBAYAR untuk muncul di penelusuran

SEO, yang menggunakan strategi ORGANIK untuk muncul di penelusuran

Perbedaan yang jelas antara SEM vs. SEO adalah SEM adalah strategi berbayar dan SEO adalah strategi organik.

Apa itu SEM?

SEM, atau search engine marketing, sering dianggap sebagai bagian dari pemasaran pencarian yang menggunakan taktik BERBAYAR untuk mendapatkan visibilitas di search engine results pages (SERP). Strategi SEM berbayar mencakup aktivitas yang terlibat dengan pengaturan dan pengoptimalan iklan serta pengaturan anggaran yang membayar untuk penempatan iklan.

Strategi ini sering disebut sebagai pemasaran penelusuran berbayar atau pay-per-click (PPC).

Apa itu SEO?

SEO, atau search engine optimization, adalah bagian dari pemasaran penelusuran yang menggunakan taktik ORGANIK untuk mendapatkan visibilitas di search engine results pages  (SERP). Dengan SEO, merek tidak membayar untuk penempatan di SERP. Sebaliknya, mereka menggunakan berbagai cara yang meminta mesin pencari untuk menampilkan konten mereka di paling atas pada halaman mesin pencarian google.

Teknik SEO ini sering dikelompokkan menjadi tiga kategori.

  • On-page SEO mengoptimalkan setiap halaman situs web untuk menargetkan kata kunci tertentu dan menarik bagi mesin pencari. Strategi ini meliputi: penelitian kata kunci, pembuatan konten, dan pengoptimalan kata kunci. Optimasi pada halaman dalam SEO membantu mesin pencari memahami halaman konten dan, oleh karena itu, memberikan peringkat yang lebih tinggi.
  • Technical SEO mengoptimalkan elemen non-konten situs web dan situs web secara keseluruhan untuk meningkatkan struktur dan fondasinya backend. Strategi ini terkait dengan: kecepatan situs, kesesuaian untuk seluler, pengindeksan, kemampuan merayapi, arsitektur situs, data terstruktur, dan keamanan.
  • Off-page SEO membangun reputasi dan otoritas situs web dengan menghubungkannya ke situs web berkualitas tinggi lainnya. Teknik Off-page SEO meliputi: membangun tautan dari situs web lain dan mengelola daftar lokal dan profil direktori.

SEM vs SEO: Apa Bedanya?

SEM dan SEO adalah elemen unik dari pemasaran pencarian. Tetapi ketika Anda membandingkan SEM vs. SEO, Anda akan menemukan bahwa keduanya memiliki kesamaan yang tumpang tindih dan perbedaan yang memisahkan keduanya.

Penempatan penelusuran SEM menyertakan tulisan “Ad” diawal, SEO tidak. Hasil pencarian yang muncul sebagai hasil dari SEM atau SEO terlihat berbeda di halaman mesin pencari google. Iklan berbayar yang menerima penempatan melalui taktik SEM sering kali diidentifikasikan sebagai iklan, sedangkan hasil pencarian yang muncul sebagai hasil dari SEO organik tidak ditandai dengan cara seperti itu.

Tingkatkan Strategi SEM dan SEO Anda

Saat membandingkan SEM vs. SEO, tidak ada rumus cepat atau jawaban tepat. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Beberapa bisnis mungkin memilih untuk fokus pada SEO. Orang lain mungkin memilih untuk fokus pada SEM. Dan terkadang pendekatan yang bagus adalah menerapkan kombinasi strategi SEO dan SEM. Itu semua tergantung pada bisnis dan tujuan Anda.

Namun, setelah Anda mengetahui persamaan dan perbedaan antara SEM dan SEO, Anda akan lebih siap untuk memutuskan bagaimana masing-masing dapat membantu merek Anda mencapai tujuannya.

 

Untuk mendapatkan lebih banyak wawasan dan data untuk membantu Anda membuat keputusan, Bergabunglah bersama DVCom. Anda akan mendapatkan akses ke alat yang membantu Anda meneliti pencarian pesaing dan strategi membangun tautan, menemukan peluang kata kunci, meninjau SEO situs Anda, dan mempelajari tentang pemirsa target Anda. Wawasan ini, dipasangkan dengan apa yang Anda ketahui tentang SEM dan SEO, akan membantu Anda menemukan strategi pemasaran pencarian terbaik untuk merek dan sasaran unik Anda.

Bagikan Artikel ini: